Belajar dan hasil
adalah dua hal yang memiliki keterkaitan yang kuat. Belajar adalah suatu proses
perubahan didalam kepribadian manusia , dan perubahan tersebut ditampakan dalam
bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan
kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir,
dan lain-lain kemampuan. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki
siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Tengku (2001: 82)
mengungkapkan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh dalam
proses belajar. Sebelumnya Nana (1989 :
5) menyatakan bahwa hasil belajar dapat diukur dengan evaluasi dan Kemp (1994:
141) menyatakan bahwa hasil belajar akan terlihat dengan adanya tingkah laku
baru pada tingkat kemampuan berfikir atau kemampuan jasmaniah. Gagne dkk (dalam
Hamzah, 2007: 17) mengartikan bahwa hasil belajar merupakan
pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh siswa dalam bentuk pengetahuan –
pengetahuan tertentu.
Hasil belajar yang
dikembangkan menurut taksonomi Bloom dapat dibagi tiga ranah, yaitu : 1) Ranah
kognitif, berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam
aspek yaitu pengetahuan (ingatan), pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan
evaluasi. 2) Ranah afektif, berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek
yaitu penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan
internalisasi. 3) Ranah Psikomotor, berkenaan dengan hasil belajar keterampilan
dan kemampuan bertindak yang terdiri dari lima aspek yaitu gerak refleks,
keterampilan gerakan dasar, kemampuan perceptual, keharmonisan, dan ketepatan
serta gerakan keterampilan kompleks. Hasil belajar akan tampak pada setiap setiap perubahan pada aspek-aspek :
pengetahuan, pemahaman, kebiasaan, keterampilan, apresiasi, emosional, hubungan
sosial, jasmani, budi pekerti, sikap, dan lain-lain.
Berdasarkan
beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan
perubahan tingkah laku yang diperoleh dari serangkaian tes hasil belajar yang
dilaksanakan setelah proses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar