Kamis, 19 April 2012

Hasil Belajar




Belajar dan hasil adalah dua hal yang memiliki keterkaitan yang kuat. Belajar adalah suatu proses perubahan didalam kepribadian manusia , dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Tengku (2001: 82) mengungkapkan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh dalam proses belajar. Sebelumnya Nana  (1989 : 5) menyatakan bahwa hasil belajar dapat diukur dengan evaluasi dan Kemp (1994: 141) menyatakan bahwa hasil belajar akan terlihat dengan adanya tingkah laku baru pada tingkat kemampuan berfikir atau kemampuan jasmaniah. Gagne dkk (dalam Hamzah, 2007: 17) mengartikan bahwa hasil belajar merupakan pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh siswa dalam bentuk pengetahuan – pengetahuan tertentu.
Hasil belajar yang dikembangkan menurut taksonomi Bloom dapat dibagi tiga ranah, yaitu : 1) Ranah kognitif, berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek yaitu pengetahuan (ingatan), pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. 2) Ranah afektif, berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek yaitu penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan internalisasi. 3) Ranah Psikomotor, berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak yang terdiri dari lima aspek yaitu gerak refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perceptual, keharmonisan, dan ketepatan serta gerakan keterampilan kompleks. Hasil belajar akan tampak pada setiap  setiap perubahan pada aspek-aspek : pengetahuan, pemahaman, kebiasaan, keterampilan, apresiasi, emosional, hubungan sosial, jasmani, budi pekerti, sikap, dan lain-lain.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang diperoleh dari serangkaian tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar